Komodo Silver Berbobot 50 Kg Gegerkan Kemayoran

Robot Komodo di IIMS 2013
Sumber :
  • VIVAnews/Amal Nur Ngazis

VIVAnews - Ada berbagai cara vendor aksesoris otomotif untuk menarik perhatian pengunjung Indonesia Internasional Motor Show (IIMS) 2013. Mereka mencoba menawarkan jasa atau barang yang mereka punya.

Kubu Ganjar-Mahfud Tidak Terima Gugatannya ke MK Disebut Salah Sasaran oleh KPU

Salah satunya yakni prodsusen ban, GT Radial, yang menampilkan robot komodo sepanjang empat meter. Uniknya robot ini dirangkai dari barang bekas yaitu stick Playstation, botol air mineral, plastik motor, pipa paralon, dan pistol mainan. 

"Badannya dari bahan daur ulang, tapi mesinnya asli," kata Dede Kusyana dari komunitas Robotic Explorer, lembaga kursus edukasi robotika asal Jakarta Barat, Sabtu 21 September 2013. 

Jokowi Ogah Komentari soal Sengketa Pemilu 2024 di MK

Memang lembaga robotik itu disewa khusus GT Radial untuk menyambut IIMS 2013. Robot yang dinamai Safero Komodo ini disinkronkan dengan merk ban GT Radial yang bernama Komodo.

Bagian interior robot ini menggunakan mesin yang dijalankan dengan dua aki. Satu kapasitas 12 amphere untuk menghidupkan lampu dan menggerakkan robot, sedang aki 6 amphere lainnya berfungsi menggerakkan empat roda. 

Yusril Sebut Gugatan 03 Buat Adegium 'Vox Populi Vox Dei' Kehilangan Makna

Robot dengan bobot kurang lebih 50 kg itu memang terbukti menyita perhatian para pengunjung yang kemudian memotretnya. Berwarna silver, ia bisa bergerak maju mundur secara otomatis tanpa kendali remote control. "Kapasitas aki itu bisa memasok gerak selama satu jam," ujarnya. (kd)

 

Ketua MK Suhartoyo, Sidang Lanjutan Perselisihan Hasil Pemilihan Umum di MK

Momen Ketua MK Semprot Kuasa Hukum KPU yang Puji-puji Hasyim Asy'ari

Menurut kuasa hukum KPU, meski nama Hasyim Asyari disangkutpautkan dengan banyak dugaan pelanggaran tapi proses Pemilu 2024 tetap berjalan lancar.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024