AS Menjadi Medan Tempur iPhone dan Android

OS android
Sumber :

VIVAnews - Pengguna ponsel berbasis Android telah menyebar ke seluruh dunia. Sementara pengguna iPhone, yang menggunakan sistem operasi ios, meski masih kalah secara jumlah dengan Android tidak bisa dibilang sedikit.

Konon iPhone mewakili sebuah produk sosial ekonomi kelas atas. Dan iPhone telah digunakan di bebagai kota di negara maju maupun negara berkembang. Nah, bagaimana sebenarnya peta perbandingan pengguna iPhone dan Android di AS?.

Menurut Business Insider, 21 Jumat 2013, perusahaan aplikasi antarmuka sosial media, Gnip dan perusahaan visualisasi data, MapBox menampilkan peta visualisasi pengguna iPhone, Android dan BlackBerry. Peta berbasis data akses Twitter pengguna.

Perusahaan itu telah membuat peta visualisasi dengan memanfaatkan geotagging tweet sekitar 3 miliar secara global sejak September 2011. Geotagging merupakan proses penambahan identifikasi data gepgrafis dari berbagai layanan seperti foto, video, website, pesan SMS sampai kode QR. Mereka juga memanfaatkan metadata (informasi terstruktur data) tiap tweet yang muncul.

Perusahaan itu kemudian mengkonversi semua data termasuk data rinci dari twitter pengguna ke dalam serangkaian peta yang menggambarkan pola bahasa dan penggunaan perangkat di seluruh dunia. Analisa peta perusahaan itu juga bisa menampilkankategori penggunaan ponsel dari turis serta warga lokal di setiap kota.

Peta visualisasi data ini kemudian memetakan pengguna iPhone, Android dan Blackberry di beberapa kota AS.Pengguna iPhone divisualisasikan dengan titik merah, Android dengan titik hijau dan BlackBerry dengan titik ungu.

Hasilnya, di Washington DC, tersaji secara jelas, pengguna iPhone mendominasi dibandingkan pengguna Android. Sedangkan di wilayah New York City, juga masih didominasi iPhone, Android yang tersebar ke seluruh wilayah. Pengguna BlackBerry hanya segelintir saja di kota ini, yaitu di kawasan Manhattan saja. 

Di Chicago, pengguna iPhone terlihat memusat di wilayah pinggir pantai, sedangkan pengguna Android tersebar di seluruh kota. Pola sebaran pengguna iPhone dan Android di kota Houston hampir sama, baik iPhone maupun Android tersebar ke seluruh wilayah.

Ketahui Manfaat dan Risiko Saham Blue Chip, Dapatkan Dividen yang Konsisten

Di Atlanta, pola pengguna iPhone terlihat memusat, sementara Android menyebar ke seluruh wilayah. Di Los Angeles, baik iPhone dan Android menyebar merata di seluruh wilayah.

Jakarta Unik

Beli Properti Bisa untuk Rumah Tinggal Sekaligus Investasi Jangka Panjang

Lalu bagaimana peta pengguna ponsel pintar di kota besar seperti Jakarta?. Peta visualisasi unik terjadi di ini. Nyaris seluruh wilayah ibukota ini berwarna ungu yang berarti banyak pemakai ponsel pintar di Jakarta merupakan pengguna BlackBerry.

Fenomena unik Jakarta itu semakin menegaskan Jakarta sebagai surganya Blackberry, BlackBerry Nation. Posisi selanjutnya yaitu Android dan iPhone dengan pola penggunaan dengan sebaran kecil.

Penumpang bus dari terminal Batoh, Banda Aceh. VIVA/Dani Randi

Arus Mudik di Aceh Diprediksi Meningkat 9 Persen pada 2024

Pergerakan arus mudik hari raya Idul Fitri Tahun 2024 di Provinsi Aceh diprediksi mengalami peningkatan dibanding tahun lalu.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024