Seperti Apa Wujud Bayi yang Lahir di Luar Angkasa?

Astronot John Young dan bendera AS di misi Apollo 16
Sumber :
  • BBC/Credit: NASA
VIVAnews -
Thailand Prime Minister Welcomes Albino Buffalo to Government House
Kajian reproduksi manusia di luar angkasa atau antariksa pernah didalami ilmuwan. Ternyata, memang berisiko melakukan hubungan suami istri di ruang nirgravitasi itu.

Peluang Liverpool Gaet Xabi Alonso Mengecil

Konon, seks di ruang hampa itu dapat menimbulkan penyakit otak, termasuk saraf dan kanker, bahkan bisa menghilangkan nyawa. (Klik juga )
Netizen Murka Disebut Suara Paslon 02 Nol: Mungkin Aku yang Dimaksud Angin Tak ber-KTP


Nah, misalkan astronot tetap nekat berambisi melahirkan bayi di antariksa, lalu muncul pertanyaan, seperti apa nanti wujud bayi yang dilahirkan?

Laman
Gizmodo
melansir, Rabu 15 Mei 2013, Michael Stevens, penggiat sains AS, melalui channel video di
Youtube
bernama Vsauce, menjelaskan berbagai kemungkinan wujud fisik bayi yang dilahirkan di luar angkasa.


Dalam video presentasinya, Stevens mengatakan, lingkungan biologi Bumi dengan antariksa sangat berbeda. Tentunya, kondisi ini berdampak pada aktivitas seks di antariksa.


Hal yang disoroti yakni soal kecepatan di ruang angkasa yang mencapai 28 ribu kilometer per jam. Kondisi ini bisa berpengaruh pada keberlangsungan sperma.


Pada lingkungan yang hipergravitasi, pembuahan sperma akan berkurang, karena minimnya intensitas perpindahan sperma cepat.


Sementara itu, dalam kondisi gravitasi normal, pembuahan berjalan normal, karenanya intensitas perpindahan sperma ke sel telur juga normal.


Pada kondisi minus gravitasi, atau di ruang angkasa, pergerakan sperma tentu berbeda. "Di ruang angkasa, sperma berenang sangat cepat," ujarnya.


Stevens mengatakan, alih-alih untuk melakukan hubungan seks, dalam aktivitas normal, astronot juga kadang menghadapi tantangan, yakni sindrom adaptasi ruang angkasa.


Pada situasi ini, astronot harus menjaga kesehatan dari kemungkinan terserang penyakit.


Ia berpendapat, berhubungan seks di lingkungan ini sangat sulit, karena astronot susah mengembangkan gerakan, keseimbangan, dan lainnya.


Perbedaan lingkungan juga membawa perubahan kondisi cairan dalam tubuh, antara di Bumi dan antariksa berbeda.


Bahkan, ketika pembuahan terjadi, janin dalam rahim dapat memengaruhi produksi darah, panjang, dan berat tulang serta kekuatan jantung.


Stevens menunjukkan kemungkinan jabang bayi yang dihasilkan di ruang angkasa memiliki kondisi tulang seperti penyakit rakitis. Penyakit ini merupakan pelunakan tulang pada anak, karena kekurangan atau gangguan metabolisme vitamin D dan kalsium.


Secara keseluruhan, Stevens ingin mengatakan bahwa melahirkan bayi di ruang angkasa adalah hal yang sangat sulit. Manusia memiliki keterbatasan pada lingkungan tanpa bobot.


"Bayi di ruang angkasa tentu hanya menjadi berita bagus saja," ujarnya.


Penasaran seperti apa videonya? Lihat di sini:


Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya