Bagaimana Hiu Putih Melakukan Proses Kawin?

Hiu putih
Sumber :
  • Corbis

VIVAnews - Sejumlah temuan menempatkan hiu sebagai predator paling mematikan di laut. Salah satu spesies yang paling terkenal dan sangat menakutkan adalah hiu putih.

Meskipun hewan predator ini sering muncul di film-film dan di banyak penelitian. Tapi, apakah Anda tahu hiu putih melakukan proses kawin?

Michael Domeier, Presiden Direktur Marine Conservation Science Institute, dilansir Live Science, Jumat 19 April 2013, mengatakan, hewan yang memiliki nama ilmiah Carcharodon carcharias merupakan hewan predator terbesar di lautan, dan dapat ditemukan di perairan pantai samudera-samudera besar.

29 Pati TNI Naik Pangkat Satu Tingkat Lebih Tinggi, Ini Daftar Namanya

Hiu putih dewasa biasanya memiliki tempat khusus untuk berkembang biak, seperti di Pulau Guadalupe di lepas pantai Meksiko.

"Sampai saat ini belum diketahui bagaimana cara hiu putih melakukan kawin. Padahal, ini sangat berguna untuk menambah populasinya yang semakin menurun," kata Michael.

Pada kenyataannya, memang banyak ilmuwan yang belum pernah melihat proses kawin hiu putih dan spesies hiu lainnya.

"Mengamati proses kawin hiu putih sangat sulit. Apalagi, hewan ini sangat langka. Selain itu, sangat berbahaya berada di dalam air bersama hiu putih. Keberadaan mereka (hiu putih) sering ditemukan di air yang dingin dan keruh," ujar Domeier.

Berdasarkan penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa hiu putih akan siap melakukan proses kawin pada usia 15 tahun. Hiu jantan akan memodifikasi organ clasper (sirip panggulnya) untuk menghamili hiu betina.

Dari hasil pengamatan pada spesies hiu lain, peneliti melihat hiu jantan biasanya terlebih dahulu menggigit kepala dan sirip pasangannya, sebelum memasukkan clasper ke kloaka (alat reproduksi hiu betina).

Setelah hiu betina dibuahi, kemudian mereka bermigrasi ke daerah lain selama dua tahun untuk menghabiskan waktu kehamilannya selama 18 bulan. Setelah melahirkan hiu muda dan menjaga selama satu tahun, hiu betina akan kembali ke tempat berkembang biak untuk melakukan proses kawin kembali.

"Sepertinya para hiu-hiu jantan juga akan kembali ke tempat perkembangbiakan untuk kawin. Tempat itu adalah Pulau Guadalupe di lepas pantai Meksiko," kata Domeier. (art)

OIKN saat diskusi pengembangan ekosistem start up

Otorita IKN Dukung Pengembangan Ekosistem Startup di IKN

Pembentukan ekosistem startup dan UMKM sangat penting dalam mencapai target Indonesia Emas 2045

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024