Seberapa Lama Perjalanan dari Bumi ke Mars?

Mars dan Bumi.
Sumber :
  • wakpaper.com
VIVAnews -
Sedang Tersandung Kasus Penyalahgunaan Narkoba, Ammar Zoni Ungkap Doa untuk Anak dan Kelurga
Kita tahu planet-planet yang ada di ruang angkasa memiliki jarak yang jauh dari Bumi. Namun, banyak orang yang belum tahu, berapa jarak dan waktu tempuh untuk mencapai Planet Mars.

Tarisland Superstars: Kemegahan dan Antisipasi di Puncaknya

Meskipun jarak Bumi dan Mars sangat jauh, tapi beberapa misi luar angkasa yang mengirimkan robot sampai ke Mars telah sukses.
Sopir Truk Penyebab Kecelakaan di GT Halim Terancam 4 Tahun Bui


Bagaimana jika kita mulai membayangkan perjalanan ke Planet Merah itu dengan jalur lurus dari Bumi dengan kecepatan 7.000 piksel per detik, atau sekitar tiga kali kecepatan cahaya.


Berapa waktu yang dibutuhkan untuk sampai ke sana?


Saat ini, banyak yang memperkirakan jarak Bumi dan Mars adalah 40 juta mil, atau sekitar 56 juta kilometer. Artinya, jarak keduanya sekitar 170 kali jarak Bumi ke bulan.


Namun, berdasarkan hitungan dari David Paliwoda dan Jesse Williams, yang dipublikasikan di laman Distancetomars, Bumi dan Mars berada pada sisi berlawanan dan dipisahkan oleh Matahari.


Sekarang ini, jarak Bumi dan Mars adalah 225 juta mil, atau sekitar 362 juta kilometer.


Foto permukaan Mars yang diambil rover Curiosity
Gambar permukaan Mars yang diambil dari Curiosity. (Space)

Bahkan, saking jauhnya, para insinyur yang ingin mengirimkan suara perintah ke di Mars harus merekamnya terlebih dahulu.


Pasalnya, jika perintah suara itu langsung diberikan kepada Curiosity, dipastikan suara itu akan hilang sebelum sampai ke Mars. Terlalu banyak gangguan di Sistem Tata Surya.


Untuk sampai ke Mars, Curiosity telah melakukan perjalanan selama delapan bulan 11 hari. Jarak yang ditempuh sekitar 352 juta mil, atau 567 juta kilometer.


Dari hasil animasi yang dibuat David Paliwoda dan Jesse Williams, untuk sampai ke Mars, manusia hanya membutuhkan waktu sekitar 150 hari. Itu pun jika dilakukan dengan kecepatan 7.000 piksel per detik, atau tiga kali kecepatan cahaya.


Anda bisa mengklik
untuk membayangkan seberapa jauh jarak dari Bumi ke bulan dan Mars.


Sudah? Bagaimana, Anda berminat terbang ke Planet Merah itu dengan lama perjalanan 8 bulan? (eh)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya